Tergiur Belanja Di Marketplace Facebook, Ikuti Panduan Ini

Bahkan kini hampir semua pebisnis memilih Facebook Marketplace untuk memasarkan berbagai produknya. Di lain sisi, kebanyakan orang juga memilih menggunakan Facebook Marketplace saat ingin mencari berbagai produk yang dibutuhkannya. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah toko konvensional bahkan harus gulung tikar akibat turunnya angka penjualan. Masyarakat kini lebih suka kegiatan belanja yang praktis dan mudah, salah satunya belanja dengan cara online di berbagai situ belanja on-line ternama, salah satunya Lazada. [newline]Sisihkan dana untuk iklan produk di media sosial dan juga di market yang bersangkutan. Semua orang pasti suka yang namanya diskon/promosi ketika berbelanja. Nah, untuk menarik banyak pembeli Anda bisa menghadirkan diskon/promosi di berbagai produk yang Anda jual di Shopee lewat fitur ‘Voucher Toko’.

Menjual barang dagangan di market place

Berbeda dengan toko on-line dimana pengelolanya mendapatkan keuntungan langsung dari setiap barang yang terjual. Pihak marketplace akan mengurus seluruh hal terkait penjualan dari mulai pengiriman barang foto, gudang, produk, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dengan jenis marketplace sebelumnya, di marketplace jenis ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena semua alur transaksi ditangani oleh situs marketplace.

Selain itu, foto produk yang menarik juga bisa mendorong calon pembeli untuk bertransaksi. Pihak marketplace akan bertanggungjawab semua urusan harga dan alur penjualan dari foto produk, pengemasan, pembayaran dan pengiriman. Marketplace murni hanya menyediakan tempat untuk berjualan dan pembayaran on-line.

Walaupun bisa 24 jam, Anda juga berhak menggunakan fitur toko libur, kemudian bisa memproses pesanan konsumen di hari kerja. Alibaba sebagai market terbesar di China sudah memiliki ratusan juta pelangggan. Tujuannya adalah untuk membantuk pelaku bisnis agar bisa lebih efisien danmudah dalam menjangkau konsumen dengan adaptasi teknologi. Bukalapak memerlukan waktu 7 tahun untuk bisa mencapai stage start up unicorn sejak didirikan tahun 2010 oleh Achmad Zaky dkk.

Customer yang dilayani dengan baik tentunya akan merasa nyaman membeli barang di toko tersebut bahkan kemungkinan besar ia akan membeli barang lagi di toko itu. Tips sukses berjualan di marketplace yang pertama yaitu dengan memberikan harga produk yang kompetitif. Memberikan harga yang jujur dan sesuai dengan kualitas produk adalah kunci kesuksesan bisnis online, sebab dengan bersikap jujur, Anda akan berhasil meraih rasa percaya dari pelanggan. Sebagai pemilik platform dagang, pengelola marketplace mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi sesuai kesepakatan yang dibuat bersama penjual. Komisi itu diperuntukkan sebagai jasa penyediaan fasilitas perbelanjaan kepada pengelola marketplace.

Atau Anda mendapat kesempatan untuk membuka cabang melalui sistem mitra reseller dan dropshipper. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan rentang jarak ideal sekitar 8 sampai 10 mil untuk informasi di marketplace. Jangan takut jika produk Anda akan sepi pembeli hanya karena dipasarkan untuk ranah lokal. Tips berikutnya adalah menggunakan lokasi penjualan yang dekat dengan lokasi pasar sasaran. Pembeli di market juga cenderung melakukan pencarian produk yang dekat dengan lokasi mereka demi menghindari kewajiban membayar ongkos kirim paket. Usahakan untuk foto produknya lebih dari satu sudut pandang sehingga dalam sekali upload bisa tediri dari beberapa foto sekaligus.

Penjual tidak perlu repot mengelola barang dagangannya secara mandiri, karena semuanya akan ditangani oleh marketplace, mulai dari foto produk, gudang penyimpanan, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Marketplace murni hanya menyediakan kios dan fasilitas pembayaran. Penjual yang bekerja dengan market murni diberi kebebasan untuk mengelola toko mereka. Penjual dapat mengelola barang dagangannya secara mandiri, mulai dari foto produk, deskripsi produk, persyaratan khusus, dan sebagainya. Berbisnis secara online tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi penjual.

Dalam hal ini, anda dapat diminta untuk memberikan Data Pribadi dan/atau informasi lain guna memproses pembelian anda atas layanan Perusahaan. Segala informasi dan information yang Perusahaan terima dari anda melalui Situs ini akan Perusahaan gunakan untuk pengembangan jasa Perusahaan termasuk layanan pemasaran Perusahaan. Seluruh Konten penjualan barang dan jasa di luar situs ini bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan. Anda dilarang untuk melakukan pengunggahan yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (“SARA”), pornografi, pelanggaran hak kekayaan intelektual dan/atau copyright.